Alpha atau Beta Tipe Anda?

Ilustrasi wanita mandiri (pic:vectorstock.com)


Diperlukan sikap dan pemikiran dewasa dalam memahami serta mencerna beragam ciri ciri dari karakter yang dimaksud tanpa harus menyalahkan lalu bersikap superior sebab hal tersebut hanyalah sekedar tambahan pengetahuan


Alpha atau alfa merupakan huruf pertama dari alfabet Yunani, mungkin karena itu, pada akhir tahun 1870-an para ilmuwan menggunakan istilah alpha male dan alpha female untuk menunjukkan pemimpin sekelompok hewan. Hingga kemudian istilah alpha male diterapkan secara metaforis pada "pria dominan" secara sosial sejak 1970-an, dan istilah alpha female pada "wanita berbeda" sejak 1990-an.

Lalu, pembagian karakter berkembang bukan hanya alpha, namun juga beta, omega dan seterusnya. Pembagian karakter yang pada awalnya dimulai dari pembagian karakter pria, tapi kemudian setelah adanya kesetaraan gender, membuat wanita tak luput dari pengamatan dalam pembagian karakternya.

Pada mulanya sebutan alpha female hanya ditujukan pada wanita yang memiliki kelebihan dibanding yang lain, seperti pelopor dan tokoh penting. Namun di awal tahun 2000-an secara tak terduga, alpha female berkembang menjadi gambaran negatif terhadap wanita yang suka mengintimidasi, sombong dan suka memerintah.


Sekedar tambahan pengetahuan

Dalam tulisan kali ini kita membahas tentang karakter alpha female, sehingga kita khususkan pembagian secara spesifik merujuk ke wanita. Meskipun ciri-ciri karakter yang disebutkan belum tentu melulu seperti itu, sebab boleh jadi ada wanita yang memiliki sebagian ciri ciri dari sebuah karakter, namun ternyata bisa juga memiliki ciri karakter lainnya alias 'gado gado.'

Sifat dan ciri-ciri satu sama lain belum tentu menunjukkan bahwa satu karakter memiliki kecenderungan lebih baik dari yang lain. Atau mungkin sebuah karakter yang negatif akan selalu dikonotasikan selalu buruk.

Pembagian ini hanyalah sebuah tambahan pengetahuan, bukan berarti kecenderungan karakter yang agresif lebih baik, atau kecenderungan mendominasi akan lebih menjadi panutan, tidak seperti itu. Anggaplah pembagian ini sebagai hal iseng yang menghibur, sebagai penambah pengetahuan, bukan untuk mempersaingkan, memperdebatkan, ataupun membenturkan tipe kepribadian satu dengan lainnya.

Diperlukan sikap dan pemikiran dewasa dalam memahami serta mencerna tentang beragam ciri ciri dari karakter yang dimaksud. Tanpa harus menyalahkan ataupun membenarkan, lalu bersikap superior. Sebab hal tersebut hanyalah sekedar tambahan pengetahuan.

Penggolongan yang dilakukan para ahli mungkin tidak seratus persen akurat, sebab bisa jadi anda memiliki perpaduan dari semua tipe tersebut. Tidak beda jauh dengan tipe kepribadian, selain ekstrovert, ada juga introvert. Namun boleh jadi, ada juga yang memiliki perpaduan keduanya. Memang ada yang memiliki kecenderungan tipe kepribadian tersebut, tapi tak melulu harus sama persis. Sebab terkadang beberapa wanita memiliki mixed dari tipe-tipe tersebut.


Ciri-ciri wanita tipe alpha

Merupakan tipe wanita dengan sifat tegas dan kepribadian yang kuat, membuatnya berani mengambil keputusan. Akibat sifat keras kepala dan ambisinya ini, dapat membuat pasangan hidupnya menjadi merasa terintimidasi. Jangankan pasangan, bahkan lawan jenis yang ada di sekitarnya juga dapat merasakan hal yang sama, merasa terintimidasi dan terkalahkan.

Bahkan sebagian orang menyebut tipe alpha adalah tipe yang selalu ingin menjadi pusat perhatian, akibatnya banyak yang merasa risih dan terganggu dengan keberadaannya. Namun di balik sifat "caper," toh kenyataannya memiliki rasa empati tinggi apabila ada keadaan menyedihkan disekitarnya. 

Tipe alpha selalu mengutamakan rasionalitas ketimbang perasaan, sehingga sering disalahartikan orang lain sebagai hal yang mengganggu. Tetapi wanita alfa dapat diunggulkan karena memiliki karakter yang menonjol, yakni kepercayaan diri dan keberanian yang besar, sehingga tak ragu menunjukkan kemampuan dan kelebihannya di hadapan orang banyak.

Memiliki prinsip kuat, mandiiri, tujuan hidup yang jelas, kemampuan memimpin, penuh ambisi, percaya diri, membuatnya dihormati orang-orang di sekelilingnya. Keberanian melakukan banyak hal sendirian merupakan nilai plus bagi wanita alpha female. Bagi mereka, aktivitas yang dilakukan sendiri lebih menyenangkan dan dapat menjadi sesi healing tersendiri bagi mereka.

Dari sisi kecerdasan, sifat ambisius dan kemauan yang kuat membuat mereka cerdas secara intelektual maupun emosional, karena mereka selalu mengasah kemampuan baik dari segi keilmuan maupun berperilaku.

Sementara dari sisi percintaan, kecenderungan suka mendominasi bagi alpha female dapat berakibat negatif dan positif, tergantung pasangan dari alpha female tersebut. Jika pasangan mampu memahami maka kecerdasannya sangat mumpuni dijadikan teman bertukar pikiran dan diskusi oleh pasangannya. Namun terkadang sifat dominan alpha female sering membuat pasangan merasa terintimidasi. Jika pasangan tidak suka dikendalikan, maka dapat berujung pada hubungan yang berantakan.

Selain pintar dalam mengambil keputusan dan mengendalikan orang lain, alpha female juga jujur dan vokal terhadap berbagai hal, sehingga membuat banyak orang ingin mengikuti mereka dan menjadikan panutan. Bahkan banyak pria memandang mereka sebagai wanita yang ‘berbeda’ dan dianggap bisa menjadi pasangan yang mandiri.

Alpha female menyukai pria yang tegas dan cerdas segalanya, serta mampu mengimbangi mereka, sebab salah satu tujuan alpha female dalam membangun hubungan romantis adalah ingin memiliki teman diskusi yang ‘nyambung’ dengan pemikiran mereka. 


Ragam tipe wanita lainnya

Selain tipe alpha female, sebetulnya ada beberapa tipe lainnya, yakni beta, omega, gamma, dan sigma. Ketika ingin mengetahui anda tergolong tipe yang mana, mudah saja, yakni dengan melihat kecenderungan karakter dan sifat anda mengarah kemana.

Tipe Beta

Adalah tipe wanita yang lembut, cenderung pasif jika dibandingkan dengan wanita alfa yang agresif dan berani tampil. Mereka adalah tipe wanita anggun yang banyak didambakan pria dominan.

Kehati-hatian dalam bersikap membuat beta female selalu berusaha mencermati semua hal di sekitarnya dengan baik. Selain penuh empati, mereka juga sangat suportif, tidak suka pamer, lebih suka berada di belakang layar, namun ketika menyelesaikan kerja tim, mereka sangat bertanggung jawab dan rela berkorban.

Tipe Omega

Cenderung introvert dan pemalu, namun romantis, pintar dan teguh mencapai impian. Mereka lebih senang menghabiskan waktu untuk diri sendiri dan cenderung sensitif, sangat sentimentil, mudah panik. 

Memiliki karakter unik yang merupakan perpaduan tipe alfa dan beta. Selain mandiri, independen, berani, dan prinsip yang kuat, di sisi lain mereka memiliki sisi tertutup seperti wanita beta.

Omega female tidak suka membuat dirinya terekspos banyak orang, suka bekerja sendiri daripada berkelompok, sebab mereka mencintai kebebasan, cenderung "semau gue", menjalani hidup dengan santai namun tetap terarah. 

Mereka memang memiliki ambisi yang kuat, tapi tidak selalu terlihat gigih dan serius mewujudkan targetnya. Sehingga kadang di satu waktu mereka terlihat sangat tekun dan giat, namun diwaktu lain, mereka terlihat sangat santai.

Tipe Gamma

Mereka cenderung mandiri dan dapat menyesuaikan diri dengan baik. Mirip wanita alpha, mereka sangat menyadari nilai yang mereka miliki, sangat terorganisir, teguh pendirian, gigih, dan sangat percaya diri.

Tipe Delta

Tak beda jauh dengan omega, delta female sangat pemalu dan tidak hobi party, apalagi berbincang dengan orang baru, sehingga lingkup pertemanannya terbilang sempit.

Mereka pandai menilai diri sendiri, termasuk kekurangan diri, hal ini yang membuat mereka suka menarik diri, meski hal tersebut terjadi karena delta female sangat realistis. Selain itu mereka sangat komunikatif dan pintar mengekspresikan diri.

Tipe Sigma

Tipe wanita yang mudah terhubung secara emosional dengan orang banyak, namun sangat intimidatif dan ingin mendapatkan perhatian ketika sedang berbicara atau melakukan segala sesuatu.

Sifat wanita sigma sulit dipahami sehingga banyak orang tidak mudah mempercayai. Namun mereka sangat setia dan selalu mengenang kebaikan orang lain.


Setelah membaca dan memahami ciri ciri karakter wanita di atas,manakah tipe anda? Mungkin sebagian dari anda telah menemukan tipe yang "anda banget," namun bisa juga, justru anda menemukan karakter anda menyelip di semua tipe.

Apapun tipe anda, itulah diri anda, terima dan hargai karena tak ada yang sempurna di dunia ini. Anda adalah anda, tetap semangat!

Comments