TIPE-TIPE TEMAN KERJA PENYEBAB STRESS


Pernah merasa bahwa teman kerja Anda bersikap menyudutkan ? membuat Anda terasa bodoh di hadapan rekan kerja yang lain, bahkan cenderung agresif membuat Anda seperti tak berdaya di depan Atasan Anda ? ada beberapa kemungkinan penyebab yang bisa Anda telusuri sehingga Anda lebih bersikap hati-hati dan tidak stress dibuat ulahnya :
1. Tipe Penjilat
Orang-orang dengan tipe kepribadian seperti ini cenderung suka mengambil kesempatan apapun yang ada, agar dia memperoleh keuntungan besar yang akan menyelamatkan karirnya. Saat orang lain mengambil keuntungan itu, dia akan berpura-pura manis dengan menyusun strategi agar dia dapat merebutnya kembali. Sifat buruk seperti diatas akan menjadikan lingkungan dan orang-orang sekitarnya sebagai ancaman yang harus siap dilibasnya. Menghadapi rekan kerja yang seperti ini tetaplah bersikap hati-hati, biarkan saja dia menjilat kanan-kiri atau atasan Anda, yang penting tunjukkan pada lingkungan kerja bahwa Anda lebih profesional dibanding dengannya.
2. Sok Tahu
Dia akan berbicara apapun tanpa peduli orang sekitarnya tidak suka dengan kicau suaranya, baginya apapun yang ada di pikirannya benar seratus persen dan wajib diamini, jika ada yang berani memprotes kicauannya, dia akan menjegalnya dengan kicauan yang lebih nyaring, orang seperti ini sulit diajak kompromi dan cenderung keras kepala. Sikap yang dapat Anda lakukan adalah dengan acuh tak acuh, hanya sesekali menanggapinya, bahkan kalu perlu debatlah kecil-kecilan dengan cukup bukti untuk sedikit membuatnya knock out dengan sifat sok tahunya.
3. Sok jagoan
Sifat ini tidak hanya dominasi pria, kadang ada juga wanita dengan pola asuh salah semasa kecil membuatnya merasa bahwa dia mampu mengalahkan sekelilingnya dengan cara apapun, termasuk sikap sok beraninya, mungkin orang- orang sekitarnya lebih memilih diam tanpa menanggapi karena merasa tak ada manfaatnya berdebat dengan orang semacam ini. Anda juga bisa mengambil sikap seperti itu, tapi dengan perhitungan waktu, misal tidak lebih dari tiga kali mengganggu Anda.
4. Sok Pintar
Dia selalu siap menggaungkan konsep- konsep kepintarannya padahal orang- orang sekitarnya tak pernah menanyakan atau peduli sedikitpun. Bisa jadi ada yang terbukti dari teori-teorinya, namun mungkin lebih banyak hancurnya. Biarkan dia dengan teori-teorinya, kalau perlu ambil yang terpenting, siapa tau itu bermanfaat untuk kemajuan karir Anda, tapi jika Anda merasa terusik, Anda bisa sesekali mengajaknya berdebat dan menguji sok pintarnya.
5. Sok Senior
Mungkin karena masa kerjanya yang lebih lama dari Anda,Dia banyak memproteksi dan memata-matai Anda, padahal boleh jadi ide-ide kerja Anda lebih jenius dibandingkan dengannya. Biarkan saja dengan keseniorannya, Anda tak perlu buang waktu dengan mengatakan bahwa belum tentu senior lebih hebat, sebab bagaimanapun masa kerja Anda kalah jauh dibanding dengannya, tapi buktikanlah pada Atasan dan rekan-rekan kerja Anda yang lain bahwa Anda lebih berkualitas.
Semoga bermanfaat dalam mengatasi problem di lingkungan kerja Anda !

Comments