Sapi Kurban Jokowi Naik BB Berkat Ketelatenan Disbunnak

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kadisbunnak drh.Suparmi, drh. Fernando, Balai veteriner drh. Adinda, Ketua DPRD Kalsel H. Supian (pic: istimewa)



Penambahan berat badan sapi kurban Jokowi, yang sebulan lalu masih seberat 817 kg namun saat di hari pemotongan bertambah berat menjadi 830 kg


Pembagian daging kurban tahun ini merupakan momen paling sukses sebab antusias masyarakat yang luar biasa sampai berdesak-desakan hingga daging tak tersisa

Hari Sabtu, 1 Juli 2023, merupakan hari yang dinantikan oleh masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sebab tepat pukul 14.30 WITA, daging sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, resmi dibagikan.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi meski acara pemotongan sapi tidak bertepatan dengan perayaan Idhul Adha. Terbukti lebih dari lima ribu bungkus daging sapi ludes diperebutkan.


Penyerahan sapi sekaligus pelepasan petugas pengawas hewan kurban

Sapi ras Simental jantan bantuan kemasyarakatan Presiden RI, dengan berat 830 kg, diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, pada saat Idhul Adha lalu, disertai dengan Pelepasan Petugas Pengawas Hewan Kurban. Sementara pemotongannya dilakukan di hari Sabtu (1/6/2023) hari ini.

Penyerahan dan Pelepasan pada hari Kamis lalu dihadiri langsung oleh Forkopimda Provinsi Kalsel, didampingi sekretaris daerah Prov Kalsel dan jajaran pejabat tinggi. Antara lain Asisten Pemerintahan, plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan, serta beberapa pejabat terkait lainnya, termasuk Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakanan Provinsi Kalimantan Selatan, drh. Suparmi, beserta jajarannya.

Penyerahan sapi bantuan kemasyarakatan Presiden dari jenis ras Simental jantan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, yang langsung diterima oleh Ketua Umum Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Bapak H. Darul Quthni.

Sedangkan pelepasan petugas pengawas kesehatan hewan kurban 1444H/2023 secara simbolis diwakili oleh drh. Fallah Fernando Al Malikil Quddus dari Disbunnak Kalsel, dan drh.Adinda Aninan dari Balai Veteriner Banjarbaru.


Kepiawaian petugas pengawas kesehatan sapi kurban

Lima ribu lebih kemasan daging kurban yang dibagikan ke masyarakat, selain dari sapi kurban Presiden RI, juga merupakan kumpulan sapi-sapi kurban dari para pejabat lokal dan masyarakat pengusaha.

Lebih dari duapuluh empat ekor sapi dikurbankan pada perayaan Idhul Adha 1444 H/2023 di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, yang merupakan masjid kebanggaan warga kota seribu sungai tersebut.

Pembagian daging kurban tahun ini merupakan momen paling sukses dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab antusias masyarakat yang luar biasa sampai berdesak-desakan hingga daging tak tersisa. Akibatnya beberapa orang sempat tak kebagian.

Satu hal yang mengundang decak kagum adalah penambahan berat badan sapi kurban Jokowi, yang sebulan lalu masih seberat 817 kg. Namun saat di hari pemotongan, sapi tersebut bertambah beratnya, menjadi 830 kg. 

Hal ini jelas menunjukkan, bahwa Disbunnak bersama UPT Lingkup Direktorat Jenderal Petenakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian di Kalsel yaitu Balai Veteriner Banjarbaru, dan Balai Pembibitan Ternak Unggul Pelaihari, benar-benar bekerja keras membuktikan kepiawaiannya dalam melakukan pendampingan dan pengawasan kesehatan hewan sapi bantuan kemasyarakatan Presiden RI.

Kerja keras diwujudkan bukan hanya dengan pemberian pakan bernutrisi dan suntikan vitamin, namun juga perhatian intens setiap hari yang tak henti-hentinya dari seluruh petugas terkait. Sungguh luar biasa!



Comments