DARI BALIK PINTU ISTANA

Ini sebuah cerita dari negeri antah berantah, tentang sebuah korupsi kecil-kecilan yang terselubung.


Nun jauh disana, terdapat sebuah sekolah kerajaan yang akan mengadakan sebuah acara perpisahan siswanya, setelah lebih berabad-abad lamanya kegiatan itu diselimuti penggelapan dana, dan kemudian terjadi lagi, secara lembut dan hampir tak terendus.


Dan anehnya semua terdiam dalam keterpurukan, kebingungan yang entah ingin berucap apa, jangankan guru besar kerajaan, bahkan maharaja yang dipertuan agungpun cuma manggut-manggut tanda setuju, entah pesona apa yang dileburkan oleh si menteri keuangan hingga semua seperti kerbau yang dicocok hidungnya.


Tiba saat acara berlangsung, segalanya seperti direkayasa, spanduk lebar yang dikibar-kibarkan para siswa sekolah kerajaan berisi pujian dan dukungan terhadap menteri keuangan, dan merekapun mengisi acara dengan riang gembira tanpa imbal balik yang sesuai padahal mereka sendiri yang mengumpulkan dana mati-matian dari kantong mereka sendiri.


Sementara dibalik acara yang gegap gempita itu, menteri kebijaksanaan mencoba menguak semua kebodohan dan kebobrokan itu dari balik pintu istana, mungkinkah Maharaja dan Siswa kerajaan bisa sadar dari pengaruh ramuan ajaib menteri keuangan? semoga.

Comments