SIAPA NAMA ANDA ?

Kadang rasa ingin tahu kita menggoda saat berpapasan dengan orang yang tidak kita kenal, namun rasa itu seringkali terbentur adat budaya dan etika setempat yang tiap negara berbeda dalam penerapannya, misalnya bila kita bertemu dengan orang dari budaya barat akan berbeda jauh dengan orang yang berasal dari budaya timur.


Mereka yang terbiasa dengan budaya timur, bukanlah hal yang mengherankan bila saat mengenal seseorang, mereka akan banyak bertanya hal-hal pribadi seperti keluarga, jumlah anak dsb, namun dalam budaya barat apabila menanyakan hal- hal seperti itu dianggap terlalu mengintimidasi dan kurang sopan. sehingga tidak heran bila perbincangan awal orang- orang dengan budaya barat tinggi hanya menanyakan hal- hal spesifik semacam nama atau keadaan cuaca sekitar.


Mungkin bagi orang-orang timur yang selalu bersikap positif dan sangat sosial terhadap keadaan sekitar dalam kehidupannya, pertanyaan semacam itu adalah hal yang wajar saja, bahkan semacam menunjukkan jalinan keakraban dan keinginan mengenal satu sama lain, tetapi berbeda jauh dengan orang- orang barat yang cenderung lebih individualis dan berhati- hati dalam kehidupan, mereka justru merasa curiga dengan mereka yang bersikap ingin tahu dengan kehidupan pribadi mereka.
Satu hal paling umum dan hal termudah untuk menghindari benturan budaya yang berbeda, biasanya hal umum bila kita ingin mengenal seseorang adalah pertanyaan..... Siapa nama Anda?

Comments