TIPS MENGHADAPI ANAK YANG CENDERUNG PENDIAM




Sebetulnya semua anak terlahir dalam kondisi yang sama, bila dia sehat dan normal maka akan menangis kencang saat dilahirkan. tapi kemudian lingkungan dan karakter pembawaanya yang akan merubahnya menjadi pribadi berbeda.

Terkadang para orang tua, terutama pendidik menemui kendala-kendala di lapangan saat menemui anak-anak yang cenderung sangat pendiam. Bila dibandingkan dengan anak-anak hiper aktif, super aktif, yang biasanya malah mengganggu suasana kelas dan melelahkan, ternyata anak-anak yang cenderung pendiam, juga akan membuat kesulitan saat ingin mengetahui apa yang berkecamuk di pikiran dan hatinya.

Beberapa jenis Sifat Pendiam:

1. Pendiam Emas
Dia tahu kapan saat berbicara, kapan saat diam, karena pribadi seperti ini justru menguntungkan, karena sebetulnya dia bisa mengungkapkan apa yang berkecamuk di hati dan pikirannya.
Tidak perlu penanganan khusus, sebab sifat ini wajar, biasanya mereka anak-anak cerdas yang pandai bicara dan bukan banyak bicara. perlu kegiatan yang selalu mendorongnya agar mengungkapkan pikirannya, untuk masa depan dia berbakat untuk diplomat, orator dan pemikir ulung.

2. Pendiam Bingung
Dia terlihat kikuk dan sangat salah tingkah bila diajak mengkomunikasikan isi batinnya, kesulitan mengungkapkan mungkin disebabkan kondisi psychologis dari lingkungan tempat tinggal, kehilangan kepercayaan diri karena selalu dikoreksi, sehingga terbawa ke lingkungan dimanapun dia berada.
Cara penanganannya hanya perlu mendorongnya bersikap tenang, mendengarkan pendapatnya dengan senyum dan ketenangan agar reda kebingungannya sehingga dia dapat terlatih untuk tidak bingung lagi.

3. Pendiam Gelisah
Banyak yang berkecamuk di hatinya, pikirannya, tapi ada keraguan untuk mengungkapyang cenderung mengubur keinginanya, sehingga menyebabkan kegelisahan berkepanjangan, yang membahayakan bila kian terpendam, bisa meledak dalam sikap anarkis yang merusak atau menyakiti.
Tips penanganannya, cari penyebab kegelisahannya, seperti api yang ada sumbernya, maka jika sumber itu padam, akan sangat mudah menenangkan kegelisahannya.

4. Pendiam Takut
Lingkungan bawaan yang selalu menudingnya salah, membuat si pemilik kepribadian ini serba takut mengungkapkan, sehingga dia cenderung memendam keinginan, karena baginya itu satu-satunya jalan aman agar tidak disalahkan,bahayanya bisa terbawa dalam mimpinya, kegelisahan hidup terus menerus menyebabkan hari-hari dijalani lesu dan kurang semangat.
Cara penanganan: Jangan cenderung mendikte, dengarkan suaranya dari hati terdalam, bersikaplah seakan sama dengannya, sama-sama penakut, sehingga akan timbul pikirannya bahwa dia tidak sendiri dan ternyata dia lebih berani.

5. Pendiam Malu
Cenderung pemalu saat harus mengungkapkan isi hati dan pikirannya, dia merasa semua mata tertuju kepadanya saat ingin mengungkapkan semuanya, akibatnya mulutnya terkunci rapat, padahal banyak yang melintas di pikirannya.
Tipsnya: Senyum tulus tanpa berusaha menguasainya, tunjukkan bahwa tak ada yang perlu dicemaskan, anda mempercayainya, tak ada yang akan membuatnya malu, genggam tangannya, tunjukkan anda bersamanya, dan menghadapi segalanya bersama-sama. saat dia merasa dunia sekitarnya sudah aman, maka kepribadiannya akan bangkit, mempercayai bahwa dunia tidak akan mempermalukan atau memeloti wajahnya.

Comments