Bakwan Cekiwir Wortel Taoge Sarat Vitamin A dan E

Bakwan Cekiwir Wortel Taoge (sumber: dok. pribadi)

Siapa sih yang tidak kenal bakwan? Kudapan gurih yang cocok dimakan hangat-hangat di sore hari atau saat hujan turun, dengan ditemani pedasnya gigitan cabe rawit.

Tidak ada yang tahu secara jelas awalnya darimana asal kudapan ini, namun dengan beragamnya julukan dari berbagai daerah menunjukkan kalau masyarakat kita sudah sangat mengenalnya.
Dikenal dengan nama ote-ote, weci, apolo, dan beragam julukan lainnya. Biasanya kudapan ini terdiri dari campuran wortel, taoge, bahkan ada yang menyampurinya dengan kol yang dipotong tipis-tipis. Bahkan untuk mempermanis penampilan, di sebagian daerah memberi hiasan udang di atasnya, atau menikmatinya bersama sambal petis nan pedas.

Wortel sebagai sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, ditambah taoge si superfood awet muda dengan limpahan vitamin E di dalamnya, rasanya tak salah bila Anda mencoba membuat kudapan yang satu ini, selamat mencoba ya!

Bakwan Cekiwir Wortel Taoge
Bahan:
200 gram tepung terigu
1 buah wortel dipotong tipis memanjang
1 mangkok kecil taoge
2 sdm daun bawang
1 butir telur
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Bumbu :
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
2 sdt garam
1 sdm gula pasir

Cara membuat :
- Haluskan bumbu
- Campur tepung terigu, wortel, taoge, daun bawang, telur, dan bumbu yang telah dihaluskan dengan air secukupnya, kekentalannya terserah sesuai selera Anda
- Goreng dalam minyak panas, setelah berwarna golden brown alias coklat keemasan angkat dan hidangkan!
- Tips: Bahan telur hanya dipakai bila Anda menginginkan tekstur bakwan yang empuk, tapi bila lebih menyukai kerenyahan saat digigit tinggalkan pemakaian telur.

Comments