Rahasia Bening dan Lezatnya Kuah Soto Banjar

Soto Banjar nan segar (pic:pribadi)

Bagi Anda pecinta kuliner pasti mengenal beragam masakan soto yang merupakan ciri khas dari setiap daerah di Indonesia, mulai Soto Banjar, Soto Kudus, Soto Madura, dan masih banyak lagi ragam pilihan soto dari daerah lain.

Begitu beragamnya olahan soto dari berbagai daerah, namun kali ini kita akan khusus membahas Soto Banjar beserta rahasia kelezatan kuahnya yang kaya aneka rempah.

Kuah Soto Banjar terbuat dari air rebusan ayam yang menjadi bahan utama soto, ayam bisa dibiarkan utuh, atau dibelah dua. Setelah ayam empuk, air yang telah berubah menjadi kaldu ayam ini disaring, barulah disiapkan sebagai kuah soto.

Rahasia kelezatannya terletak pada saat sebelum merebus, diamkan ayam bersama rempah-rempah dalam rendaman air di panci selama sekitar dua menit, baru kemudian rebus hingga lunak.

Ciri khas soto yang satu ini dibandingkan dengan soto dari daerah lain adalah dominannya pemakaian rempah seperti bunga sisir, jintan, kapulaga, cengkeh dan kayu manis.

Keunikan lainnya lagi adalah adanya sedikit tambahan creamer dalam kuah, menciptakan sensasi rasa yang gurih dan menggoda selera.
Berikut resep Soto Banjar secara sederhana, yang dapat dibuat secara mudah dan cepat, bahkan bagi Anda yang baru belajar masak sekalipun dijamin bisa membuatnya, Selamat mencoba!

Soto Banjar Sederhana Super Kilat

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung/ ayam negeri
500 cc air
Bumbu I :
2 biji bunga sisir
2 biji cengkeh
1 potong kecil kayu manis
1/4 sdt jintan
1/4 sdt kapulaga
Bumbu II :
7 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
Bumbu tambahan :
2 sdt creamer
Taburan:
2 sdm bawang goreng
1 sdm daun bawang dipotong kecil-kecil

Cara membuat:
- Ikat dan masukkan bumbu I dalam kain bersih
- Masukkan air, ayam dan bumbu I dalam panci, diamkan selama sekitar dua menit, rebus hingga lunak, angkatAyam rebus disuwir-suwir menjadi potongan kecil, sisihkan
- Haluskan bumbu II kemudian tumis hingga harum,masukkan air rebusan ayam, tambahkan creamer, aduk-aduk sampai rata, masukkan ayam yang telah disuwir-suwir, tunggu hingga mendidih
- Setelah mendidih pindahkan ke dalam mangkok saji, taburi bawang goreng dan daun bawang, siap disajikan!

Tips: Soto Banjar umumnya dinikmati dengan perkedel kentang ataupun perkedel singkong, diperasi limau kuwit (jeruk khas Kalimantan berukuran kecil beraroma segar), ditemani kecap asin dan sambal cabe rawit.


 

Comments