Pakar Marketing dan Inspirator Penggerak Perkopian Kalimantan

Saat menikmati liburan di NewZealand (pic:istimewa)

Bagi penyuka kopi di seputaran Kalimantan dan sekitarnya, jangan pernah mengatakan Anda penggemar kopi sejati bila tak mengenal sosok inspiratif yang sangat terkenal di seantero Borneo ini.

Lahir dan dibesarkan di kota seribu sungai Banjarmasin, membuat Ayur Montana sangat memahami karakter penduduk lokal hingga mampu menguasai pangsa pasar kopi di kawasan Kalimantan.

Kiprahnya yang tak lekang oleh waktu, lebih dari tiga dasawarsa mendistribusikan beragam merk kopi terkenal ke seluruh penjuru Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan dan Tengah. Merk-merk kopi yang berada dalam genggamannya dan merajai pasaran tidak akan disebutkan disini sebab tidak boleh ada pesan sponsor.

Tropi tiga dasawarsa kesuksesan (pic:istimewa)
Tropi tiga dasawarsa kesuksesan (pic:istimewa)

Kepiawaiannya memasarkan barang bukan hal yang diragukan lagi, terbukti salah satu merk kopi menjadi ciri khas dan minuman fanatik penduduk di daerah Kalimantan Tengah.

Keahlian menawarkan produk ke pelanggan merupakan daya pikat tersendiri yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Seperti mudahnya membalikkan tangan, beberapa merk kopi yang tadinya sempat mengalami penurunan omzet, dalam sekejap berhasil diroketkan kembali berkat tangan dinginnya.

Keluwesan serta kecakapan dalam berkomunikasi, memperkenalkan produk barang, dan mengatasi problem pemasaran, membuat banyak orang menjuluki pria murah senyum ini 'Sang Maestro Kopi.'

Hari-harinya disibukkan dengan berbagai ragam kegiatan, seperti pendistribusian kopi ke berbagai wilayah, undian kopi, sponsor utama di berbagai event, pemasangan iklan dan beragam kegiatan lainnya. Padatnya kegiatan tak jarang sampai tengah malam, sungguh perjuangan yang luar biasa.

Saat memimpin meeting di kantor (pic:istimewa)
Saat memimpin meeting di kantor (pic:istimewa)

Sosok ramah, inspiratif, dan penggila olahraga jogging ini mengawali perjuangan pemasaran kopinya di masa lalu dengan memakai kelotok (istilah perahu bermesin kecil di Kalimantan) hingga akhirnya berkembang memakai roda empat.

Masih lekat dalam ingatannya saat merintis pemasaran dari nol, diawali perjuangan dalam pembuatan laporan pemasaran dengan hanya tulisan tangan biasa, yang kemudian bertahap memakai mesin ketik, bahkan surat menyurat antar pulaupun memakan waktu cukup lama, jauh berbeda dengan karyawan zaman sekarang yang dimanjakan dengan berbagai fasilitas tekhnologi, tinggal membuka pc atau handphone, terkirimlah email dalam sekejap.

Keyakinan yang menjadi kunci sukses hidupnya adalah kesetiaan pada Tuhan dan jangan pernah mengkhianati-Nya, terbukti dengan rutinitas sholat yang tak pernah ditinggalkannya, sosok inspiratif yang tidak hanya tampan secara fisik namun moral juga.

Pakar marketing dan Inspirator perkopian Kalimantan (pic:istimewa)
Pakar marketing dan Inspirator perkopian Kalimantan (pic:istimewa)
Sukses selalu untuk Bapak Ayur Montana, pakar marketing sekaligus inspirator penggerak perkopian Kalimantan dengan semangat dan dedikasi luar biasanya!

Comments